5 Software yang Wajib Dimiliki oleh Anak Teknik Sipil Jambi

5 Software yang Wajib Dimiliki oleh Anak Teknik Sipil Jambi


Dengan semakin majunya teknologi, maka semakin banyak pula cara kita untuk mengerjakan sesuatu dengan mudah dan instan. Tidak terkecuali bagi insinyur sipil. Dengan adanya program-program software yang tersebar luas seperti sekarang dapat mempermudah pekerjaan insinyur sipil dalam merancang dan menghitung desain-desain pekerjaannya. 

Misalnya, jika dahulu para insinyur sipil harus menggunakan kalkir dan meja gambar untuk merencanakan sebuah desain gedung atau lainnya, sekarang sudah ada software AutoCAD yang mempermudah pekerjaan menggambar bahkan dalam bentuk 3D sekalipun. Serta masih banyak juga software-software lain yang dapat digunakan insinyur sipil dalam mempermudah pekerjaannya.

Sebagai seorang civil engineer, kita juga tidak terlepas dari penggunaan software-software yang sangat membantu kita dalam bidang pekerjaan teknik sipil ini. Adapun software-software yang kita gunakan mempunyai fungsi yang berbeda-beda, ada software yang dapat kita gunakan untuk menggambar, ada juga untuk analisis struktur, dan ada juga yang dapat di gunakan untuk manajemen. 

Nah, berikut author mau berbagi tentang pengenalan 5 (lima) software yang populer di bidang teknik sipil, dan sangat berguna pada dunia pekerjaan teknik sipil di Indonesia.

Kami juga menerima jasa instal software atau aplikasi windows MURAH, klik Jual Jasa Instal Software Shop Jambi


1. AutoCAD


AutoCAD adalah sebuah software besutan Autodesk yang dapat digunakan untuk menggambar atau merancang gedung atau bangunan lainnya dalam pemodelan 2D maupun 3D.

AutoCAD adalah software utama yang harus dikuasai bagi kamu para mahasiswa teknik termasuk teknik sipil. Software ini akan mempermudah pekerjaanmu dan akan mengoptimalkan waktu kerjamu dibanding harus menggunakan kalkir dan alat gambar lainnya. Hampir seluruh pekerjaan di bidang kontruksi menyaratkan penguasaan CAD. Jadi, software ini wajib sekali kamu miliki untuk mempermudah perencanaan tugas maupun pekerjaanmu nantinya.

2. SketchUp


SketchUp adalah salah satu software yang sistem kerjanya hampir sama seperti AutoCAD. Hanya saja SketchUp lebih unggul dalam perencanaan bangunan pemodelan 3D. Seperti arsitektur, desain interior, arsitektur lanskap, dan lainnya. Maka dari itu, selain anak teknik sipil, arsitektur juga menggunakan software yang satu ini.

Mudah diakses dan digunakan adalah keunggulan yang ditawarkan oleh SketchUp. Maka dari itu software ini harus sekali kamu miliki dan kuasai sebagai anak teknik sipil.

3. SAP 2000

Program SAP 2000 merupakan pengembangan SAP (Structure Analysis Program) yang digunakan untuk analisis struktur statis dan dinamis, bahkan analisis desain penampang beton bertulang maupun struktur baja. SAP 2000 juga digunakan untuk menganalisa kelayakan suatu konstruksi, khususnya gedung-gedung bertingkat.

Aplikasi ini bertujuan untuk mencari gaya dan momen yang terjadi pada struktur yang di rencanakan. Jadi, yang biasanya menggunakan aplikasi ini adalah para insinyur sipil yang berada di konsentrasi bidang struktur. Kamu yang ingin sekali ambil skripsi struktur nanti, harus sekali punya dan pandai menggunakan software ini.

4. ETabs


Seperti temannya SAP 2000, ETabs mampu menghadirkan analisis untuk setiap keperluan desainmu misalnya saja ketahanan bangunan terhadap gempa.

ETabs adalah salah satu software yang sangat populer di dunia teknik sipil. Software ini sangat cocok digunakan dalam melakukan pemodelan struktur, analisis dan desain. ETabs juga menjadi pilihan utama bagi para engineer dalam melakukan analisis dinamik untuk proyek-proyek yang besar. Apabila dilakukan perhitungan secara manual, maka akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit karena analisis dinamik tidak sama dengan analisis statik yang cukup mengandalkan konsep kesetimbangan gaya.

5. Microsoft Excel


Microsoft Excel adalah program spreadsheet atau pengolah angka yang paling populer dan banyak digunakan saat ini. Disukai banyak kalangan karena pengoperasiannya yang relatif mudah dengan hasil yang memuaskan. Dalam lingkup teknik sipil, Excel sudah mendapat tempat tersendiri bagi profesi mereka.

Misalnya saja dalam perhitungan pemodelan matriks teknik sipil, Excel tidak diragukan lagi kemampuannya dalam mempermudah perhitungan sehingga dapat mempercepat proses pengerjaan bagi insinyur sipil. Atau perencanaan lainnya seperti pemodelan beton, mix design, dan perencanaan lainnya.
 
Bekerja dengan Excel berarti kita menginginkan suatu penyelesaian yang cepat dan praktis, namun diharapkan dengan fasilitas yang maksimal pula. Jadi, tinggal bagaimana memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang ada sebaik mungkin.

Inilah 5 Software yang Wajib Dimiliki oleh Anak Teknik Sipil yang bisa author bagi kepada teman-teman. Semoga apa yang author bagi bisa berguna untuk teman-teman bahkan adik-adik yang masih bingung software apa saja sih yang wajib dimiliki jika ingin menjadi anak teknik sipil. Kalau kamu bisa menguasai kelima software tersebut, author jamin deh kehidupan kalian di teknik sipil bisa berjalan lebih mulus dibanding yang tidak bisa mengoperasikannya. Sekian, dan semangat jadi anak teknik sipil!


Posting Komentar untuk "5 Software yang Wajib Dimiliki oleh Anak Teknik Sipil Jambi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel